6 Pesona Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok Yang Harus Kamu Ketahui

Sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan Gunung Rinjani. Gunung yang berlokasi di Lombok utara ini sudah sangat terkenal akan keindahan alamnya baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing, tak tanggung – tanggung bahkan Gunung Rinjani disebut sebagai surganya gunung di Asia Tenggara. Selain keindahan alam yang dapat anda nikmati, Gunung ini juga mempunyai beragam spesies flora dan fauna yang dapat anda temukan di sekitar Gunung Rinjani. Karena alasan itulah Gunung Rinjani menjadi incaran wisata yang paling favorit bagi wisatawan, jangan heran jika pada bulan Juli dan Agustus di kawasan wisata Gunung Rinjani menjadi sangat ramai oleh wisatawan.

Danau Segara Anak dan Gunung Baru

Informasi Umum Mengenai Wisata Gunung Rinjani Lombok

Gunung yang berlokasi di Lombok Utara ini merupakan Gunung Api aktif dan merupakan Gunung tertinggi ke dua yang ada di Indonesia dengan ketinggian yang mencapai sekitar 3.726 meter diatas permukaan laut (mdpl). Berdasarkan informasi dari Dinas Petambangan dan Energi Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada sekitar 1,8 juta tahun yang lalu tepatnya pada masa Praquarter, Gunung ini melilki ketinggian lebih dari 5.000 mdpl. Pada masa Plistosen, Gunung Rinjani mengalami aktiviras vulkanik yang sangat besar sehingga sebagian atas Gunung hancur dan ketinggiannya menjadi sekitar 4.000 mdpl. Akibat dari letusan tersebut, kawah Gunung Rinjani membentuk kaldera yang terisi dengan air hujan sehingga menjadi Danau Segara Anak yang memiliki kedalaman sekitar 250 meter. Pada tahun 1847 sampai 2004 tercatat Gunung Rinjani sudah meletus sekitar sembilan kali letusan kecil yang berada didalam kaldera. Di dekat kaldera terdapat Gunung kecil yaitu Gunung Barujari yang pada 2015 sempat mengalami letusan.

Ekosistem yang ada di Gunung Rijani ini sangat terjaga, berbagai macam flora dan fauna dapat anda temukan. Lebih dari 100 jenis burung hidup di kawasa Gunung Rinjani dan berbagi jenis fauna lainnya. Tak hanya itu, bagi anda yang ingin medaki Gunung Rinjani, anda akan disuguhkan berbagai macam jenis flora seperti pohon cemara, bunga eidelweis dan masih banyak lagi. Anda juga dapat menemupan padang savana yaitu hamparan rumput yang sangat luas.

Gunung Rinjani ini memang tak sedikit menyebabkan korban jiwa, suhu yang berada di puncak Gunung ini sekitar 20 derajat Celcius dan mencapai titik yang paling dingin sekitar 10 derajat Celcius. Tak sedikit pula wisatawan yang tesesat akibat cuaca yang buruk, oleh karena itu anda harus berhati – hati jika ingin mendaki Gunung Rinjani, sangat disarankan bagi anda untuk mendaki Gunung Rinjani pada musim kemarau, karena jika anda nekat untuk mendaki pada musim hujan, dikhawatirkan medan pendakian sangat licin sehingga dapat membahayakan keselamatan para wisatawan.

Estimasi Waktu Jalur Pendakian

Untuk mendaki ke puncak Gunung Rinjani terdapat empat jalur yang dapat digunakan, diantaranya adalah jalur Timbanuh, Torean. Senaru, dan Sembalun. Berikut ini informasi mengenai ke empat jalur tersebut.

Jalur Timbanuh

  • Mataram – Timbaluh : memakan waktu sekitar 2 – 3 jam menggunakan transportasi.
  • Timbanuh – Danau Segara Anak : memakan waktu sekitar 8 – 10 jam perjalanan kaki.

Jalur Torean

  • Mataram – Torean : memakan waktu sekitar 4 – 5 jam menggunakan transportasi.
  • Torean – Danau Segara Anak : memakan waktu sekitar 8 – 9 jam perjalanan kaki.

Jalur Senaru

  • Mataram – Senaru : memakan waktu sekitar 3 – 4 jam menggunakan transportasi.
  • Senaru – Danau Segara Anak : memakan waktu sekitar 7 – 10 jam perjalanan kaki.
  • Danau Segara Anak – Pelawangan Sembalun : memakan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan kaki.
  • Pelawangan Sembalun – Puncak Rinjani : memakan waktu sekitar 2 – 3 jam perjalanan jalan kaki.

Jalur Sembalun

  • Mataram – Sembalun : memakan waktu sekitar 4 – 5 jam menggunakan transportasi.
  • Sembalun Lawang – Danau Segara Anak : memakan waktu sekitar 2 – 3 jam perjalanan kaki.
  • Sembalun Lawan – Puncak Rinjani : memakan waktu sekitar 6 – 7 jam perjalanan kaki.

Apa Saja Yang Kita Dapatkan Di Gunung Rinjani ?

Sunrise dan Sunset

Melihat keindahan fenomena alam sunset (Matarahi Terbenam) dan sunrise (Matahari Terbit) merupakan hal wajib yang harus anda lihat saat mendaki gunung manapun. Dari Puncak Gunung Rinjani kita dapat melihat fenomena alam ini secara langsung. Anda dapat mengabadikan momen tersebut saat berada di Puncak Gunung Rinjani.

Danau Segara Anak

gunung-rinjani-danau-segara-anak Wisata Gunung Rinjani wisata gunung rinjani 6 Pesona Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok Yang Harus Kamu Ketahui gunung rinjani danau segara anak Wisata Gunung Rinjani 1024x512

gunung-rinjani-danau-segara-anak Wisata Gunung Rinjani

Keberadaan Danau Segara Anak ini merupakan daya tarik yang paling favorit bagi wisatawan. Danau ini berdada diatas Gunung Rinjani dan disekitar Danau ini terdapat Gunung Kecil yaitu Gunung Barujari yang sempat meletus pada tahun 2015. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 250 meter, maka dari itu anda harus berhati – hati saat berada di sekitar Danau. Tak hanya itu, Danau yang mempunyai keindahan tiada duanya ini juga memiliki banyak ikan seperti contohnya ikan mujair, ikan harper, dan ikan mas. Disana anda dapat berendam dan memancing ikan, sangat menarik bukan?

Flora dan Fauna

Gunung Rinjani memiliki beragam flora dan fauna yang ada di lingkungan sekitar Gunung. Jika anda mendaki Gunung tersebut anda akan menemupan berbagai flora seperti pohon cemara, bunga edelweis, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, anda juga jangan kaget jika sewaktu dalam perjalanan pendakian anda bertemu dengan monyet, rusa, landak, dan masih banyak lagi. Tercatat bahwa lebih dari 100 spesies burung ada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Padang Savana

Padang-Savana-Simbalun-Gunung-Rinjani Wisata Gunung Rinjani wisata gunung rinjani 6 Pesona Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok Yang Harus Kamu Ketahui Padang Savana Simbalun Gunung Rinjani Wisata Gunung Rinjani 1024x640

Padang-Savana-Simbalun-Gunung-Rinjani Wisata Gunung Rinjani

Padang Savana merupakan hamparan rumput yang sangat luas, Padang Savana memang biasa ditemukan di gunung – gunung termasuk Gunung Rinjani, jika anda menggunakan jalur Sembalun, anda akan melewati sebuah Padang Savana, dari sini anda dapat menikmati indahnya gunung dan rerumputan serta perjalanan anda akan ditemani dengan angin yang sangat sejuk. Sangat dianjurkan untuk membawa lotion pelindung sinar matahari jika anda melewati Padang Savana karena di area tersebut sangat jarang ditemukan pepohonan untuk berteduh.

Air Terjun dan Pemandian Air Panas

Pemandian air panas Wisata Gunung Rinjani wisata gunung rinjani 6 Pesona Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok Yang Harus Kamu Ketahui Aik Kalak lombok Wisata Gunung Rinjani

Wisata Gunung Rinjani

Di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat beberapa Air Terjun dan Pemandian Air Panas, bagi anda yang berwisata di Gunung Rinjani sangat disarankan untuk mengunjungi dan bermain air di kawasan Air Terjun dan Pemandian Air Panas karena sensasi pemandangan alam yang disuguhkan tidak akan anda dapatkan di tempat lain. Berikut informasi mengenai Air Terjun dan Pemandian Air Panas.

  • Air Terjun Sendang Gile

Air terjun ini berlokasi di dekat Desa Senaru, ketinggian Air Terjun ini sekitar 25 meter. Disini anda dapat menikmati sensasi pemandangan alamnya yang indah dan bermain air disekitar Air Terjun.

  • Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun ini berlokasi di dekat Desa Kembang Kuning, ketinggian Air Terjun ini sekitar 30 meter. Di sekitar lokasi Air Terjun juga terdapat penginapan, restoran, dan lain – lain.

  • Pemandian Otak Kokok Gading

Pemandian ini berada di sekitar daerah Otak Kokok. Pemandian ini langsung dari sebuah Air Terjun, di sekitar Air Terjun dibangun sebuah kolam sebagai pemandian yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Di sekitar lokasi ini anda juga dapat mendirikan tenda untuk beristirahat.

  • Pemandian Air Panas Sebau

Pemandian Air Panas Sebau juga dipercaya oleh masyarakat dapat mengobati berbagai penyakit. Sayangnya, di sekitar Pemandian tersebut sering ditemukan pakaian bekas yang digunakan oleh wisatawan karena dipercaya jika kita membuang pakaian kita setelah berendam maka penyakit dan kotoran kita akan ikut terbuang bersama pakaian bekas tersebut.

Ranjani Milkyway

milkyway Wisata Gunung Rinjani wisata gunung rinjani 6 Pesona Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok Yang Harus Kamu Ketahui milkyway Wisata Gunung Rinjani 1024x682

milkyway Wisata Gunung Rinjani

Pesona bintang – bintang saat malam hari yang kita lihat dari puncak Gunung Ranjani ini memang begitu menakjubkan. Dari Puncak Ranjani anda dapat melihat secara langsung bintang – bintang yang ada dilangit jika cuaca sangat mendukung, disini anda dapat mengabadikan momen tersebut dengan kamera atau ponsel anda.

Demikian informasi mengenai obyek wisata Gunung Rinjani yang dapat saya berikan. Semoga informasi ini berguna bagi anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply