5 Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah dan Menawan yang Bisa Anda Kunjungi

5

Jogja merupakan salahsatu destinasi wisata yang banyak menjadi tujuan wistawan di Indonesia. Kota dengan unsur budaya dan sejarah yang begitu uat ini seakan memiliki magnet tersediri yang membuat banyak orang tertarik berkunjung. Berbagai tema liburan bisa anda temukan di Jogjakarta, dari mulai wisata alam Jogja, wisata sejarah hingga berbagai wisata kebudayaan.

Budaya lokal Jogjakarta yang masih begitu terjaga dibalut dengan sajian wisata alam Jogja membuat kota ini semakin menarik untui dikunjungi. Perpaduan hal-hal tersebut menjadi sebuah suguhan yang tidak mungkin bisa dilupakan oleh para wisatawan. Tidak jarang kemudian banyak turis yang ingin kembali mengunjungi Kota Jogja atau bahkan sebagian menetap di kota tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, daya tarik wisata Jogja juga terletak pada hidangannya yang begitu beragam dan khas. Di Jogja anda bisa menemukan hidangan khas seperti gudeg, bakpia dan berbagai hidangan lainnya yang mungkin jarang anda temukan di daerah lainnya. Hal tersebut tentunya semakin melengkapi keindahan dan daya tarik wisata Jogja itu sendiri.

5 Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah dan Menawan yang Bisa Anda Kunjungi

Keindahan alam jogja yang menawan membuat Kota ini selalu memberikan kenangan tersendiri yang begitu manis dan . Berikut ini kami berikan sejumlah tempat wisata alam Jogja yang bisa anda kunjungi kala menyambangi kota gudeg. Beberapa di antaranya mungkin cukup jarang terdengar, namun keindahannya patut anda coba jelajahi. Simak di bawah ini!

1. Wisata Alam Jogja Puncak Becici

Puncak Becici Bantul Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah wisata alam jogja 5 Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah dan Menawan yang Bisa Anda Kunjungi Puncak Becici Bantul Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah 1024x768

Puncak Becici Bantul Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah

Bagi anda yang seadng berencana menikmati tempat wisata di Jogja, salahsatu lokasi yang anda patut kunjungi adalah Puncak Becici. Puncak Becici merupakan kawasan dataran tinggi yang dimiliki oleh Jogja. Tempat wisata alam Jogja satu ini menawarkan pemandangan indah Kota Jogja dari atas ketinggian. Pemandangan unik seperti terasering dan pohon pinus yang berderet rapih menjadi hal yang pertama kali anda lihat di kawasan ini.

Puncak Becici sendiri merupakan sebuah hutan pinus yang terletak di ketinggian. Wisata alam Jogja ini sebenarnya masih termasuk ke dalam bagian dari Hutan Lindung. Hal unik terkait dengan hutan ini adalah mengenai fungsi hutan pinus yang dulunya hanya sebagai tempat mengambil getah pinus saja. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang datang justru karena terpikat panorama Hutan dari sebelah barat. Keindahan panorama puncak di sebelah barat itulah yang kemudian merubah predikat Puncak Becici menjadi sebuah tempat wisata.

Terdapat tempat khusus yang menyediakan gazebo serta tempat duduk panjang. Selain itu wisata alam Jogja satu ini memiliki camping ground bagi anda yang senang dengan aktifitas kemah. Hal yang paling ditunggu dari tempat wisata di Jogja satu ini adalah saat matahari terbenam. Saat tersebut merupakan saat yang paling ditunggu oleh para wisatawan. Keindahan matahari terbenam selalu menjadi magnet bagi para turis. Bagaimana? Tertarik mencoba?

Wisata Alam Jogja Puncak Becici
Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Indonesia
Jam Operasional
Setiap hari mulai pukul 05.00 – 19.00
Harga Tiket Masuk
Gratis tiket masuk (Parkir Rp 3000,- motor dan Rp 10.000,- mobil)

2. Uniknya Desa Wisata Ketingan Jogja

Desa Wisata Ketingan Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah wisata alam jogja 5 Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah dan Menawan yang Bisa Anda Kunjungi Desa Wisata Ketingan Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah 1024x682

Desa Wisata Ketingan Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah

Bebicara mengenai wisata alam Jogja, maka ada begitu banyak pilihan tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Nama-nama seperti Pantai Parangtritis dan pantai indah di Kawasan Gunung Kidul mungkin merupakan yang paling dikenal. Namun sebenarnya masih banyak pilihan tempat wisata di Jogja yang anda bisa kunjungi. Salahsatu yang patut anda coba adalah sebuah lokasi bernama Desa Wisata Ketingan. Desa wisata satu ini menawarkan pengalaman unik pada anda mengamati kehidupan burung, khususnya burung kuntul.

Desa Wisata Ketingan dikenal sebagai desa burung kuntul, sebab di sana terdapat populasi burung kuntul dalam jumlah besar. Anda bisa menemukan burung-burung kuntul tersebut terbang ke sana kemari, membangun sarang dan beraktifitas. Bagi anda para pecinta burung tentunya kondisi ini merupakan sebuah hal yang begitu mengagumkan. Bahkan jika anda bukan pecinta burungpun, Desa Ketingan bisa memberikan sensasi dan pengalaman unik kala berkunjung.

Desa Ketingan sendiri sebenarnya merupakan sebuah desa biasa hingga suatu ketika Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan gapura di desa tersebut. Hal unik terjadi di tahun 1997, beberapa hari setelah sang Sultan mersmikan gapura, burung kuntul ini mulai berdatangan. Hal yang menjadikannya aneh adalah karena burung kuntul tersebut hanya datang ke Desa Ketingan. Desa sekitar yang memiliki vegetasi alam tidak jauh berbeda bahkan sama tidak didatangi oleh burung kuntul.

Hingga kini Ketingan menjadi salahsatu destinasi wisata alam Jogja yang unik dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Hindari datang pada Bulan September, seb ab ketika bulan tersebut burung-burung akan bermigrasi dan baru kembali di pertengahn Oktober. Namun jika kebetulan datang pada Bulan September, maka tidak perlu khawatir sebab anda bisa mnyaksikan uniknya tradisi Merti Bumi. Acara rutin ini menampilkan berbagai kegiatan seni seperti pergelaran wayang, kenduri hingga kirab. Acar rutin tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Ketingan terhadap hasil bumi.

Tempat Wisata Di Jogja Desa Wisata Ketingan
Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Jam Operasional
Setiap hari 24 jam
Harga Tiket Masuk
Gratis tiket masuk

3. Ledok Pokoh Wisata Alam Jogja

Anda sedang berada di Jogja dan berniat menikmati wisata alam Jogja seutuhnya? Jika ya, mungkin anda bisa mencoba untuk mengunjungi sebuah air terjun unik nan menarik bernama Lepo atau Ledok Pokoh.Air terjun ini merupakn sebuah air terjun dan juga pemandian alami yang terletak di Pelosok Dlingo Jogjakarta. Berbicara mengenai tempat wisata satu ini, banyak orangyang menidetikannya dengan salahsatu air terjun indah yang berada di Thailand. Air terjun Lepo seringkali disamakan dengan Erawan Falls Thailand yang sangat unik dan juga indah.

Air terjun Lepo memiliki beberapa kolam air alami yang bisa anda gunakan untuk berenang. Tiap kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda dan juga sensasi yang tentunya berbeda. Jika anda membawa anak, maka pantau mereka untuk bermain di kolma yang dangkal dan aman. Untuk dewasa terdapat kolam alami dengan kedalaman hingga 2 meter. Sedangkan untuk anak-anak terdapat kolam yang lebih dangkal dengan titian batu.

Tiap kolam yang anda temukan di Air Terjun Lepo ini memiliki karakteristik masing-masing yang begitu unik. Warna air yang jernih dan turqoise semakin menambah keunikan kolam alami di Kota Jogja satu ini. Udara pegunungan yang bersih dengan pepohonan yang menjulang tinggi membuat anda yang berkunjung ke sana bisa merasakan kesegaran. Keindahan tempat wisata satu ini juga sudah terlihat sejak awal masuk, kita harus melewati kawasan hutan yang indah dan asri.

Setelah berenang, tentunya kita lapar dan ingin menikmati sajian yang sedap bukan? Di kawasan tempat wisata Air Terjun Lepo sendiri sudah banyak tersedia warung-warung yang menyediakan makanan. Tidak hanya itu fasilitas seperti aula dan kamar mandi sudah tersedia dengan baik. Dengan begitu sangatlah memudahkan para pengunjungnya.

Air Terjun Ledok Pokoh yang Menawan
Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Indonesia
Jam Operasional
Setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00
Harga Tiket Masuk
Bayaran seikhlasnya

4. Selokan Mataram yang Bersejarah

Selokan Mataram Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah wisata alam jogja 5 Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah dan Menawan yang Bisa Anda Kunjungi Selokan Mataram Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah

Selokan Mataram Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah

Salahsatu bentuk daya tarik Kota Jogja yang paling terasa adalah sejarahnya yang begitu panjang. Kota ini menjadi titik kehidupan yang begitu penting, tidak hanya di masa kerajaan, namun hingga masa penjajahan dan setelah merdeka. Anda bisa menemukan berbagai hal dan peninggalan masa kerajaan dan penjajahan yang masih megah berdiri bahkan digunakan. Salahsatunya adalah sebuah selokan yang menjadi saluran air bagi Kota Jogja. Saluran air yang dikenal dengan Selokan Mataram tersebut ternyata bisa menjadi wisata alam Jogja menarik yang bisa anda nikmati.

Selokan Mataram atau yang dikenal juga dengan nama Kanal Yoshiro tersebut dibangun oleh masyarakat Jogja atas perintah Sri Sultan. Sri Sultan Hamengkubuwono IX sendiri memerintahkan untuk membangun kanal demi menghindarkan warganya dari kewajiban romusha. Saluran irigasi yang dikenal dengan nama Selokan Mataran ini dibangun dari Sungai Progo menuju ke Sungai Opak.

Selokan Mataram ini cukup menarik karena menawarkan wisata sejarah yang dibalut dengan wisata alam Jogja dalam satu waktu bersamaan. Tentunya akan sangat menarik menyusuri sepanjang jalur Selokan Mataram dengan pemandagan indah dari alam Jogja. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini di Bulan Oktober – Mei. Di bulan tersebut saluran selokan sedang dikeringkan sehingga memungkinkan anda menelusurinya dengan menggunakan MTB ataupun motor. Cobalah untuk memulai penelusuran anda sejak sepagi mungkin. Dengan udara yang segar, pemandangan yang indah membuat perjalanan wisata alam Jogja ini begitu sangat menyenangkan.

Ada dua arah yang bisa anda pilih ketika melakukan wisata alam Jogja ini, yakni ke arah barat atu menuju ke arah timur. Jika anda memilih jalur barat menuju ke arah Ringroad, maka anda akan disuguhkan pemandangan indah dari pesawahan penduduk. Pepohonan yang berjejer rapih menemani perjalanan anda. Tidak hanya itu, di sore hari anda bisa melihat para mahasiswa yang tergabung dalam pecinta alam berlatih mengayuh kano di kanal tersebut. Perjalanan anda akan berakhir di hulu Selokan Mataram. Hulu Selokan Mataram sebelah barat merupakan Bendungan Karang Talun yang merupakan bendungan dari Sungai Progo.

Jika anda memilih jalur ke arah timur, maka anda akan lebih menemukan suasa perkotaan. Beberapa tempat yang akan anda lewati jika memilih jalur timur antara lain adalah Gejayan, Depok, Maguwoharjo dan Kalasan. Meskipun demikian menjelang ujung perjalanan anda juga tetap dihadapkan pada panorama pesawahan yang indah. Selama menelusuri jalur timur anda juga bisa sembari mencoba beberapa warung kuliner yang cukup terkenal akan sajian lezatnya. Perjalanan jalur timur akan berakhir di Sungai Opak. Sungai Opak sendiri mengalir langsung ke arah Samudra Indonesia. Pemandangan indah juga tersaji dari pepohonan di tepi Sungai Opak.

Selokan Mataram Wisata Alam Jogja
Jl. (Jalan) Selokan Mataram, Sinduadi Yogyakarta (Jogja)
Jam Operasional
Setiap hari 24 jam
Harga Tiket Masuk
Gratis (Tanpa tiket)

5. Wisata Jogja Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah wisata alam jogja 5 Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah dan Menawan yang Bisa Anda Kunjungi Gua Rancang Kencono Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah 1024x678

Gua Rancang Kencono Tempat Wisata Alam Jogja yang Indah

Seperti yang sudah kita ketahui, Jogja memiliki sejumlah tempat wisata alam yang begitu indah. Wisata alam jogja yang dibalut dengan sejarah panjang, keramahan warganya dan kuliner sedap sudah menjadi daya tarik yang begitu kuat. Bagi anda yang berencana mengunjungi Jogja, maka anda bisa mencoba mengunjungi sebuah lokasi wisaa bernama Gua Kecono. Gua Kencono merupakan salahsatu wisata alam Jogja yang memiliki daya tarik luar biasa besar. Gua satu ini memiliki sejarah panjang terkait dengan masa pra sejarah, bahkan hingga ke masa perjuangan Indonesia.

Gua Rancang Kencono sendiri berad di kawasan Gunung Kidul yang sarat akan gunung karst. Kawasan tersebut memang menyimpan berbagai fenomena alam yang membuat siapa saja yang melihat terkagum-kagum. Banyak sekali gua-gua besar yang bentuknya menjorok ke delam perut bumi. Dala dua tersebut anda bisa menemukan beragam hal seperti sungai bawah tanah, telaga, lembah dan masih banyak lainnya. Tentunya hal tersbeut bisa menjadi pengalaman baru bagi para turis yang datang dan mengunjungi wisata alam Jogja ini.

Gua Rancang Kencono termasuk ke dalam salahsatu gua purbakala yang dimiliki oleh Jogja. Penemuan berbagai tulang-belulang dan juga artefak berusia ribuan tahun meyakinkan jika gua ini merupakan gua yang telah ada ribuan tahun lalu. Tidka hanya itu saja, namun sejarah menyatakan jika gu Rancang Kencono merupakan tempat para Laskar Mataram menyusun rencana kala mengusir Belanda dari Jogja.

Berbeda dari gua purba lainnya, memasuki Gua Rancang Kencono tidak membutuhkan alat bantu yang terlalu banyak. Anda bias menggunakan titian tangga batu yang sudah disediakan sejak dahulu. Di dalam gua nanti anda akan di sambut oleh sebtang pohon klumpit yang tinggi menjulang melebihi ata dari gua. Hal tersebut menjadi sebuah ciri khas yang begitu mempesona dari Gua Rancang Kencono ini. Terdapat juga bagian pelataran yang dahulu merupakan tempat pertemuan para Laskar.Ada juga beberapa bagian ruang yang bisa dimasuki meskipun harus dengan posisi badan yang menunduk atau disesuaikan.

Satu hal lagi yang menarik di Rancang Kencono ini, yakni sebuah lorong yang disebut-sebut merupakan jalan penghubung menuju ke air terjun Sri Gethuk. Meskipun demikian jalur lorongnya begitu sempit dan sulit untuk ditelusuri. Tidak hanya itu, beberapa bagian lorong juga sudah runtuh sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan penelusuran lebih jauh.

Gua Rancang Kencono Wisata Kota Jogja
Dk. Menggoran II, Ds. Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Jam Operasional
Setiap hari muali pukul 09.00 – 16.00
Harga Tiket Masuk
Rp 3.000,- /orang

Bagaimana? Sudah terbayangkan wisata alam Jogja yang indah? Bagi anda yang kebetulan hendak berkunjung ke kota satu ini jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang telah disebutkan di atas. Wisata alam Jogja tersebut kebanyakan masih sepi dari pengunjung dan tidak sebanayak wisata mainstream Jogja yang lainnya. Namun justru di situlah letak menariknya kunjungan anda ke lokasi wisata tersebut.

Anda bisa mengajak teman atau orang-orang terdekat untuk mengunjungi tempat wisata alam Jogja yang indah tersebut. Cukup dengan membagikannya di media sosial yang anda miliki anad bisa mengajak teman dan orang-orang terdekat anda tersebut. Anda juga bisa mengisi kolom komentar dengan pendapat anda mengenai wisata alam Jogja yang begitu indah. Selamat berlibur dan menikmati keindahan wisata alam Jogja.

Incoming search terms:

  • alam indah nan menawan
  • Alam Indah desa
  • tebing breksi
  • wisata di jogja yang indah

One Response

Leave a Reply