Wat Suwan Khiri Wong

Kuil yang berada di Bukit Patong, di tengah perjalanan antara Kota Phuket dan Patong, kuil ini mencerminkan kehidupan warga lokal di Patong sebelum masuknya budaya Barat. Dulunya, lokasi ini mendapat julukan desa Paea Nelayan, dan kini menjadi wilayah dengan kehidupan malam yang tidak begitu terkenal seantero dunia.

Kuil yang juga dijuluki Wat Patong ini bisa jadi satu-satunya  lokasi yang paling sepi dan tenang di tengah-tengah hiruk-pikuknya wisatawan di Patong. Kuil ini pula-lah yang menjadi pusat persembahyangan warga Budha di Patong. Namun, bagi yang ingin berkunjung kesini, kuil ini buka sejak pagi hari hingga siang hari saja.

Dari luar, bangunannya tampak luas. Jika pengunjung datang, maka akan langsung disambut oleh menara lonceng yang sangat tinggi. Kemudian, di seberangnya terdapat bangunan yang lebih kecil, dan itulah Wat Suwan Khiri Wong ini. Kedua bangunan ini sangat bernuansa Theravada dan sangat khas Thailand.

Seperti kuil lainnya, di dalamnya terdapat Aula Ubosot sebagai tempat persembahyangan utama. Di dalamnya terdapat berbagai macam patung Budha, dan hanya ada satu yang terbesar. Kemudian, ada pula biara dan pagoda. Para Budha tinggal di dalam kuil ini dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam kuil. Hanya saja, ketika pagi tiba, beberapa Budha keluar dan mengumpulkan makanan-makanan dari penduduk desa.

Jam Buka: Setiap hari, dari pagi hari hingga siang hari
Lokasi: Di tikungan Patong antara Phrabarami and Phisit Karani Road (Di bukit antara Phuket-Patong Road).

Leave a Reply