8 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Harus Kamu Ketahui

4.8

8 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Harus Kamu Ketahui – Kegiatan mendaki gunung akhir – akhir ini memang menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya paca pecinta alam namun akhir – akhir ini banyak pula para remaja dan pelajar seperti mahasiswa yang ingin menambah pengalaman hidupnya dengan mendaki gunung. Sebagian pendaki gunung mungkin sudah berpengalaman dalam mendaki, namun bagaimana dengan para pemula? Apakah perlu persiapan khusus untuk mendaki gunung? Apakah keputusan mendaki gunung hanya cukup dengan alasan untuk berwisata, berfoto – foto, dan menambah pengalaman?

Kembali lagi ke 2 buah pertanyaan yang tadi saya sebutkan, apakah perlu persiapan khusus untuk mendaki gunung? Jawabannya pasti jelas sangat perlu, keputusan untuk mendaki gunung tidak boleh dianggap enteng karena jika anda menganggap mendaki gunung itu mudah maka nantinya akan bisa berakibat fatal. Lalu apakah mendaki gunung cukup dengan alasan untuk berwisata, berfoto – foto, maupun untuk menambah pengalaman? Boleh saja asalkan anda mempersiapkan dengan matang sebelum mendaki gunung. Mungkin diantara kalian pernah melihat pesan dari teman anda atau di grup sosial media dengan kalimat seperti contohnya “Yuk mendaki gunung, sepertinya sangat menyenangkan dan pemandangannya cocok untuk berfoto – foto” dan akhirnya memutuskan untuk mendaki gunung padahal belum mempunyai pengalaman dan benar – benar masih pemula, dalam contoh kasus tersebut tentu saja anda boleh mendaki gunung dengan teman – teman anda namun perlu di ingat kembali bahwa anda dan teman – teman anda harus mempersiapkannya dengan sangat matang.

Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Nah untuk anda yang benar – benar belum mempunyai pengalaman dalam mendaki gunung atau dengan kata lain pemula. Kali ini sobat Liburanesia akan memberikan beberapa tips yang bermanfaat bagi anda yang ingin mendaki gunung. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat saya berikan.

  1. Mencari Informasi

Mencari informasi mengenai gunung yang ingin anda daki sangatlah wajib. Anda harus mencari informasi seperti bagaimana akses menuju kawasan pendakian gunung dari kota anda, bagaimana kondisi rute jalur pendakian apakah sulit atau tidak, apakah cuaca sangat mendukung untuk mendaki atau tidak, berapa jangka waktu dari titik awal pendakian sampai puncak, berapa ketinggian gunung, jumlah pos untuk istirahat dan lokasinya, titik untuk nge-camp atau mendirikan tenda, nomor telepon penjaga basecamp, perkiraan biaya akomodasi, waktu yang tepat untuk summit attack.

Untuk mencari tahu semua informasi tersebut anda dapat menghubungi pihak penjaga obyek wisata atau bertanya dengan orang yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung yang ingin anda daki, untuk mencari orang – orang yang berpengalaman tersebut anda dapat mencarinya di berbagai grup sosial media.

Perlu diingat bahwa kondisi terbaik untuk mendaki gunung adalah waktu musim kemarau.

  1. Menjaga Dan Melatih Tubuh Anda

Maksud dari saya, sebelum anda memutuskan untuk mendaki gunung anda wajib untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Jika diperlukan anda bisa cek ke dokter untuk memeriksa apakah anda mempunyai riwayat penyakit yang nantinya bisa fatal atau tidak saat anda mendaki gunung dan jika kondisi anda tidak memungkinkan untuk mendaki gunung maka urungkanlah niat anda untuk mendaki gunung.

Olahraga yang teratur. Mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan yang membutuhkan stamina dan kekuatan fisik yang sangat besar. Sebelum anda memutuskan untuk mendaki gunung, beberapa minggu sebelum anda mendaki lakukanlah olahraga yang teratur seperti lari – lari kecil setiap hari karena kekuatan otot kaki anda sangat diperlukan dalam mendaki gunung.

  1. Persiapkan Peralatan

    Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula yang wajib kamu ketahui tips mendaki gunung untuk pemula 8 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Harus Kamu Ketahui Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula yang wajib kamu ketahui 1024x777

    Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula yang wajib kamu ketahui

Jika dirasa informasi mengenai gunung yang ingin anda daki sudah cukup dan anda juga sudah mempersiapkan fisik dan mental anda, maka inilah saatnya bagi anda untuk mempersiapkan peralatan sebelum mendaki gunung. Menyiapkan peralatan ini merupakan hal yang sangat penting karena nantinya akan memudahkan anda dalam perjalanan mendaki gunung. Berikut ini beberapa peralatan penting yang harus anda bawa seperti tas khusus mendaki (carrier), jaket tebal, sarung tangan, tutup kepala dan masker, sepatu gunung, baju ganti, senter, korek api, jas hujan, tenda, sleeping bag, matras, alat komunikasi, obat – obatan yang diperlukan, peralatan memasak dan makanan, tempat air, tongkat untuk meringankan tubuh anda saat mendaki, tali, dan kantong plastik.

Tips untuk memasukkan segala peralatan anda kedalam tas gunung anda adalah dengan menempatkan perlatan yang dirasa cukup berat berada diatas sedangkan peralatan yang cukup ringan berada dibawah. Hal ini dilakukan agar titik berat berada di pundak anda bukan di pinggang anda, karena kebanyakan pemula tidak memperdulikan hal ini sehingga perjalanan mereka cepat lelah karena kesalahan dalam packing.

  1. Mengatur Logistik Dan Makanan

Mengatur logistik dan makanan merupakan hal yang wajib bagi semua pendaki gunung baik yang sudah profesional maupun bagi para pemula. Mengatur logistik tidak hanya untuk individu saja, namun anda juga harus mendiskusikan dengan teman – teman anda yang satu kelompok. Mengatur logistik ini tidak bisa dianggap enteng, contoh mudahnya bila kelompok mendaki anda kekurangan logistik atau makanan maka hal tersebut akan menjadi risiko yang sangat fatal karena kelalaian dalam mengatur logistik. Untuk itu, anda dan kelompok anda harus mendiskusikannya terlebih dahulu dan mengestimasi berapa banyak logistik yang akan kalian bawa.

Tips bagi pemula untuk mengatur logistik adalah dengan membawa makanan yang siap saji dan banyak mengandung kalori, namun jika semua anggota kelompok anda membawa makanan siap saji seperti mie instan juga kurang baik. Anda dan kelompok anda juga harus membawa buah – buahan dan sayuran yang nantinya dapat dimasak dengan mie instan atau makanan siap saji lainnya, hal tersebut agar tubuh anda tidak kekurangan asupan gizi. Anda juga tidak boleh membawa minumam ber alkohol, memang benar bahwa alkohol dapat membuat tubuh kita menjadi hangat namun meminum alkohol saat mendaki gunung dan suhu yang dingin dapat membuat kapiler darah anda menjadi pecah karena memuai dengan cepat, selain itu meminum alkohol juga dikhawatirkan dapat membuat kesadaran anda menjadi kurang fokus.

  1. Izin Untuk Mendaki

Izin untuk mendaki sangatlah penting. Anda sebagai pemula tidak boleh menghiraukan atas izin untuk mendaki gunung. Izin ini berfungsi agar anda terdata oleh petugas setempat sebagai wisatawan yang mendaki gunung. Jika anda menghiraukan hal ini dan langsung mendaki gunung setelah membeli tiket maka hal tersebut dapat berisiko. Memang benar bahwa izin untuk mendaki gunung hanyalah sebuah data, namun bagi pemula hal tersebut merupakan hal yang penting. Selain anda terdata oleh petugas setempat, surat izin ini juga berfungsi untuk menambah keamanan anda dalam mendaki gunung contohnya bila anda tersesat atau mengalami kejadian tak terduga, anda dapat menghubungi petugas dengan alat komunikasi dan jika petugas mendapat data atas anda sebagai wisatawan yang mendaki gunung maka petugas dapat langsung bergerak untuk menolong anda.

Untuk mendapatkan izin ini biasanya anda cukup datang di pos awal dan melapor kepada petugas, catat data diri anda dengan lengkap seperti nama, alamat, nomor hp dan jangan lupa untuk meminta nomor petugas yang dapat dihubungi. Setelah anda turun dari gunungpun juga jangan langsung pulang begitu saja, anda juga harus melapor kepada petugas bahwa perjalanan anda dalam mendaki tidak mengalami kendala atau keadaan yang tidak diinginkan, hal tersebut agar petugas mengetahui bahwa anda sudah kembali dari mendaki gunung.

  1. Ikuti Semua Instruksi Dari Petugas

    Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula tips mendaki gunung untuk pemula 8 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Harus Kamu Ketahui Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula pendaki

    Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Bagi para pemula terutama para remaja yang baru pertama kali mendaki gunung sangat disarankan untuk bertanya kepada petugas mengenai intruksi – intruksi yang harus anda lakukan saat mendaki gunung dan jangan malu untuk mengatakan bahwa anda masih pemula atau baru pertama kali mendaki gunung tersebut.

Apapun instruksi dan larangan yang dikatakan oleh petugas, anda harus mematuhinya. Banyak kasus terjadinya kejadian yang tidak diinginkan oleh para pendaki pemula karena melalaikan instruksi dari petugas, contohnya bila terdapat tempat yang tidak boleh didekati karena berbahaya maka anda harus mematuhinya, banyak para pemula yang melalaikan hal tersebut karena hanya ingin berfoto dan akhirnya terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, anda harus menghormati kepercayaan masyarakat setempat. Bila terdapat tempat – tempat yang menurut masyarakat dianggap sakral atau keramat maka anda juga harus menghormatinya dan jangan berbuat seenaknya, jika anda ingin mengambil sebuah foto atas tempat tersebut hendaklah bertanya terlebih dahulu kepada petugas atau masyarakat.

  1. Istirahat Jika Anda Lelah

    Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula istirahat cukup tips mendaki gunung untuk pemula 8 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Harus Kamu Ketahui Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula istirahat cukup

    Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Banyak kasus para pendaki pemula yang hilang kesadaran saat mendaki gunung karena lelah. Kendala ini memang menjadi momok bagi para pendaki pemula, walaupun anda sudah berolahraga secara rutin dan melatih otot kaki anda namun kondisi jalur pendakian dan suhu yang dingin merupakan hal yang pertama bagi pemula sehingga banyak yang belum terbiasa atas keadaan tersebut.

Menjaga stamina tubuh merupakan hal yang paling utama bagi anda, jika anda merasa lelah anda harus mengatakannya kepada anggota kelompok anda agar meminta waktu untuk beristirahat dan jangan memaksakan tubuh anda, begitupun jika salah satu anggota kelompok anda ada yang merasa lelah maka anda harus meluangkan waktu agar anggota kelompok anda dapat beristirahat dan mengembalikan stamina.

Memaksakan tubuh anda sangat tidak dianjurkan, banyak kasus bagi pendaki pemula yang memaksakan tubuh mereka hanya ingin berada di puncak gunung dengan tepat waktu agar bisa melihat sunset atau sunrise. Maka dari itu anda tidak boleh memaksakan tubuh anda dengan alasan apapun, kondisi kesehatan tubuh anda adalah hal yang paling utama bagi anda.

  1. Menjaga Kelestarian Alam

    Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula  tips mendaki gunung untuk pemula 8 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Harus Kamu Ketahui Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula menjaga kelestarian 1024x683

    Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Bagaimana perasaan anda jika gunung yang anda daki terdapat banyak sampah yang berserakan? Tentu rasanya sangat tidak menyenangkan bukan? Hal tersebut juga berlaku bagi anda, jika anda mendaki gunung jangan pernah merusak lingkungan yang ada di gunung tersebut seperti memetik bunga sembarangan, memotong ranting seenaknya, membuang sampah sembarangan, maupun menangkap hewan yang ada di lingkungan gunung tersebut.

Beikut ini tips bagi anda untuk menjaga kelestarian lingkungan.

  • Jika anda mempunyai sampah organik maupun non organik, tempatkanlah disebuah kantong plastik dan dibawa turun menuju pos untuk membuang semua sampah tersebut.
  • Jika anda ingin mendirikan tenda, pilihlah tempat yang sangat cocok tanpa merusak tumbuhan yang berada di lokasi tersebut.
  • Jika anda selesai menggunakan api untuk memasak, pastikan api tersebut sudah sepenuhnya mati dengan menyiramnya dengan air.
  • Jangan membuang putung rokok sembarangan, pastikan bara apinya sudah sepenuhnya mati.
  • Jika anda melihat sampah orang lain yang berserakan, jangan lupa untuk membawa sampah tersebut bersama anda agar kondisi lingkungan di gunung tetap bersih.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan, semoga tips tersebut dapat berguna bagi anda yang ingin mendaki gunung baik untuk laki laki atau perempuan/wanita. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply