8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja

5

8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja – Jogja merupakan salahsatu lokasi yang begitu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya dalam negeri, eksotisme dan kearifan budaya lokal Jogja menarik minat banyak wisatawan dari luar Jogja. Wisata Jogja memiliki segudang daya tarik yang begitu luar biasa. Perpaduan antra alam, budaya lokal dan moderenitas kota seakan melebur menjadi satu di kota satu ini. Sehingga tidaklah heran orang rela kembali lagi berkunjung ke kota satu ini.

Jogjakarta sendiri merupakan kota yang memiliki banyak sejarah mengaumkan sejak dahulu kala. Peradaban di Kota Jogja sendiri bahkan telah terbutk sejak beribu tahun silam. Di Kota Jogja inilah kerajaan Mataram Kuno berpusat. Selain dengan tu, di era penjajahan pun joghjakarta sendiri menjadi titik penting bagi pemerintahan dan perkembangan sejarah Indonesia. Sehingga tidaklah heran, jika msyarakatnya memiliki keluhuran dan kekayaan budaya yang begitu mengagumkan.

Bertandang dan menyambangi objek wisata di Kota Jogja memang saakan tidak pernah ada habisnya. Selalu saja hal-hal unik yang bisa digali dan ditemukan oleh para pelancong.

Daftar Tempat Wisata Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Bagi anda yang berniat berwisata dan menikmati tempat wisata di Jogja ada begitu banyak pilihan yang bisa anda kunjungi. Sehingga tidaklah mungkin bisa habis anda jelajahi selama masa liburan anda yang begitu singkat. Meskipun demikian, bukan berarti anda tidak bisa menangkap keindahan Kota Jogja. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat berikut ini yang bisa cukup mewakili keindahan Kota Jogja dari berbagai sisinya.

Mari kita simak tempat wisata yang berada di Kota Jogja berikut ini. Simak daftarnya di sini:

1. Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Timang

Kereta Gantung Pantai Timang Tempat Wisata Yogyakarta tempat wisata yogyakarta 8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja Kereta Gantung Pantai Timang Tempat Wisata Yogyakarta 1024x884

Kereta Gantung Pantai Timang Tempat Wisata Yogyakarta

Bagi anda yang berniat mengunjungi lokasi wisata di Kota Jogja, maka salahsatu tempat yang wajib anda kunjungi adalah kawasan Gunung Kidul. Di kawasan Gunung Kidul dikenal sebagai kawasan yang memiliki banyak sekali pantai indah. Koleksi pantainya yang begitu menawan menjadi tujuan wisata di Jogja yang diburu oleh para wisatawan.

Dari berbagai lokasi pantai indah di kawasan Gunung Kidul, Pantai Timang menjadi salahsatu lokasi yang banyak sekali dikunjungi oleh turis, baik dalam maupun luar. Pantai Timang sendiri memiliki pemandangan alam yang indah dan sangat unik. Di sana anda bisa melihat paduan batuan karang yang sangat eksotis serta deburan ombak besar yang silih berganti menghantam diding karang.

Berbicara mengenai Pantai Timang, berbeda dengan pantai lainnya tempat wisata di Jogja satu ini memiliki kenampakan alam yang agak sedikit ekstrim. Untuk menuju ke lokasinya anda harus melakukan trekking dulu melewati medan yang cukup terjal. Hingga sampai di bibir Pantai Timang yang berupa tebing anda akan disambut oleh deburan keras ombak laut selatan.

Salahsatu hal yang paling khas dari Pantai Timang sendiri adalah keberadaan kereta gantung tradisional. Kereta gantung tradisional tersebut terbuat dari kayu dan tambang yang membentang menghubungkan Pantai Timang dengan sebuah pulau karang di tengahnya. Kereta gantung tersebut melintang di atas ombak laut yang sangat ganas dengan karang-karang tajam di bawahnya. Dengan tenanga manusia, kereta gantung tersebut bisa beroperasi. Kini kereta gantung ekstrim tersebut menjadi salahsatu daya tarik wisata ekstrim di kawasan Pantai Timang. Banyak orang yang datang kesana untuk mencoba menaiki kereta gantung tersebut menyebrang ke Pulau karang. Kereta gantung itu sendiri sebenarnya dibuat oleh warga sekitar untuk menyebrang ke pulau. Mereka menyebarang untuk mendapatkan hasil ikan yang banyak, sebab lokasi pulau karang tersebut merupakan lokasi yang ideal dan banyak menghasilkan hasil laut.

Pantai Timang
Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 5581
Jam Operasional
Setiap hari
Harga Tarif Kereta Gantung
Rp200.000,- /orang
Rp. 12 juta (paket 20 orang + 25kg lobster)

2. Tempat Wisata Yogyakarta Kalibiru

Kalibiru Tempat Wisata Yogyakarta tempat wisata yogyakarta 8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja Kalibiru Tempat Wisata Yogyakarta

Kalibiru Tempat Wisata Yogyakarta

Jogja memang memiliki segudang tempat wisata yang menarik. Tidak hanya pantai dan wilayah perkotaannya saja, wisata Jogja menawarkan pemandangan indah khas pegunungan. Hawa yang sejuk di sekitar jogja dengan pemandangn pepohonan yang rindang bisa menjadi alternatif menarik ketika anda berlibur di Jogja. Salahsatu lokasi pegunungan yang menarik untuk anda kunjungi kala berada di Jogja adalah kawasan Kalibiru yang berada di Kulonprogo.

Belakangan ini sejak dibuka pada tahun 2009, Kalibiru mulai dikenal dan menjadi destinasi wisata favorit para pelancong ketika mengunjungi Jogja. Di Kalibiru anda bisa menikmati pemandangan indah alam Kulonprogo dari atas ketinggian pohon pinus. Di Balik agungnya Pegunungan Menoreh, Kalibiru menyajikan alam yang begitu indah dan menakjubkan.

Bagi anda yang hendak mengunjungi lokasi tersebut, disarankan untuk mengunjunginya pada sore hari. Di saat itu anda bisa menyaksikan indahnya lembayung sore hari dengan latar Pegunungan Menoreh dan juga Waduk Sermo. Anda bisa duduk di atas menara pohon pinus yang di bagian atasnya terdapat dek view. Selain dengan melihat pemandangan alam, wisata Jogja satu ini juga menawarkan pengalaman outbound kepada para pengunjungnya. Anda bias mencoba melakukan flyng fox dan berbagai aktivitas lainnya. Bagi anda yang gemar trekking, silahkan mencoba rute Kalibiru menyusuri rindangnya pepohonan dan segarnya alam pedesaan.

Wisata Jogja Kalibiru
Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Jogyakarta 55561
Jam Operasional
Setiap hari 24 jam
Harga Tiket Masuk
Rp5.000,- /orang
Rp35.000, /orang (Paket Outbound)
Kontak
Telepon: 0813 9294 7249 atau 0813 9202 3122

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo Tempat Wisata Yogyakarta tempat wisata yogyakarta 8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja Gumuk Pasir Parangkusumo Tempat Wisata Yogyakarta 1024x575

Gumuk Pasir Parangkusumo Tempat Wisata Yogyakarta

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke jazirah Arab jika sekedar hanya ingin merasakan suasana padang pasir, tempat wisata di Jogja juga ada yang menawarkan pengalaman serupa. Gumuk Pasir Parangkusumo adalah sebuah tempat wisata di Jogja yang menawarkan pengalaman kepada anda layaknya di sebuah padang pasir. Fenomena unik yang terjadi di Jogja ini kemudian menjadi terkenal dan banyak sekali menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan yang datang ke Kota Jogja. Tentunya tempat ini menawarkan sesuatu yang unik dan jarang bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia khususnya.

Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri terbentuk secara alami selama ribuan tahun. Berkat keunikannya tersebut, Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri sampai masuk ke dalam daftar Unesco World Heritage. Fenomena ini sendiri merupakan satu-satunya yang bisa dilihat di kawasan Asia Tenggara, sehingga tidak boleh dilewatkan jika anda berkunjung ke Jogja.

Bagi anda yang datang untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini silahkan siapkan kamera anda, karena pemandangannya yang unik sangat bagus untuk diabadikan dalam kamera. Banyak sekali fotografer yang datang ke lokasi ini untuk menangkap keindahan alam Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Selain dengan mengambil gambar, Gumuk Pasir Parangkusumo juga menjadi tempat bagi mereka yang menyukai sandboarding. Sandboarding sendiri merupakan aktifitas berseluncur menggunakan papan di atas pasir. Tentunya kegiatan ini menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan dan mengasyikan.

Gumuk Pasir Parangkusumo
Jl. Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kabupaten Bantuk, Yogyakarta 55772.
Jam Operasional:
Setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00
Harga Tiket Masuk:
Gratis tiket masuk

4. Wisata Hutan Purba Goa Jomblang

Gua Jomblang Gunungkidul Tempat Wisata Yogyakarta tempat wisata yogyakarta 8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja Gua Jomblang Gunungkidul Tempat Wisata Yogyakarta 1024x768

Gua Jomblang Gunungkidul Tempat Wisata Yogyakarta

Bagi anda yang hobi bertualang menyusuri tempat yang baru dan penuh dengan adrenalin, maka silahkan mencoba mengunjungi Goa Jomblang. Goa Jomblang merupakan salahsatu tempat wisata di Jogja yang menawarkan pengalaman unik menyusuri goa vertikal sedalam kurang lebih 80 meter. Jika sekilas and lihat dari atas bentuk lokasi wisata ini layaknya sebuah lubang besar yang menganga di antara rimbunnya hutan.

Bagi and ayang mencoba datang dan megunjungi lokasi tersebut anda bisa mencoba pengalaman masuk ke dalam lubang besar menggunakan seutas tali. Ada beberapa jalur yang bisa digunakan mencapai dasar goa. Bagi mereka yang sudah berpengalaman bisa menggunakan jalur yang cukup menantang, namun ada juga jalur yang diperuntukan bagi mereka yang pemula. Di bagian dasar jurang terdapat banyak sekali pepohonan besar yang menandakan jika lubang ini sudah terbentuk sejak lama.

Anda juga bisa menyusuri jalan setapak di dalamgoa yang menghubungkan dengan goa vertikal lainnya. Do Goa Grubug pemandangan indah berupa sinar yang msuk ke dalam goa tersebut. Indahnya sinar tersebut menjadi pemandangan indah tersendiri yang sangat mengagumkan untuk anda abadikan. Mari simak dan rasakan menjelajahi dasar goa purba vertikal yang memiliki sejumlah kisah dan misteri.

Goa Jomblang
Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893
Jam Operasional
Setiap hari mulai dari pukul 08.00 -14.00
HargaTiket Masuk
Rp 550.000,-/orang (Peralatan SRT satu set, makan siang, asuransi IAG dan guide)
Kontak
Telepon: 0811 117 010 dan 0878 3867 2111

5. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten Tempat Wisata Yogyakarta tempat wisata yogyakarta 8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja Umbul Ponggok Klaten Tempat Wisata Yogyakarta 1024x768

Umbul Ponggok Klaten Tempat Wisata Yogyakarta

Bagi anda yang iengn merasakan pengalaman berenang dalam kolam alami yang sangat jernih, maka Umbul Ponggok menjadi lokasi wisata yang wajib anda coba. Tempat wisata di Jogja yang satu ini merupakan sebuah kolam alami dengan air yang begitu jernih dan pemandangan bawah air yang indah. Anda bisa menikmati pemandangan bawah air berupa ikan-ikan lucu dan juga pasir putih yang menjadi lantai dasar dari kolam tersebut.

Umbul Pnggok sendiri sudah ada sejak era Kolonial Belanda. Hingga kini Umbul Ponggok sendiri menjadi objek wisata favorit yang menyedot banyak sekali perhatian wisatawan. Hal tersebut karena di Umbul Ponggok ini anda bisa berenang layaknya di lautan. Bahkan Umbul Ponggok sendiri seringkali dijadikan sebagai tempat latihan untuk diving dan snorkeling.

Hal menarik lainnya dari Umbbul Ponngok adalah yang belakangn ini menjadi teren di kalangan instagrammers. Banyak sekali orang yang memposting foto mereka di bawah air kolam Umbul Ponggok. Keunikan foto bawah air Umbul Ponggok ini, karena anda bisa menggunakan banyak properti unik dan aneh yang disewakan di sekitar kolam. Properti dari mulai kendaraan motor hingga sofa dan televisi bisa anda gunakan ketika berfoto di dalam air. Tentunya hal tersebut sangatlah berbeda dan menarik. Banyak juga pasangan yang akhirnya memutuskan untuk melakukan sesi foto pra nikah di kolam Umbul Ponggok ini.

Umbul Ponggok
Jl. Sultan Agung, Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah
Jam Operasional
Setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00
Harga Tiket Masuk
Rp5.000,- /orang (retribusi)
Rp10.000,- /orang (snorkeling)
Kontak
Telepon: 0856 4739 4012

6. Wisata Sekitar Jogja Candi Borobudur

Candi Borobudur Magelang Tempat Wisata Yogyakarta tempat wisata yogyakarta 8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja Candi Borobudur Magelang Tempat Wisata Yogyakarta 1024x576

Candi Borobudur Magelang Tempat Wisata Yogyakarta

Tidak lengkap rasanya jika brlibur ke kawasan Jogja dan tidak mengunjungi Candi Borobudur. Sebagai kawasan candi agama Budha terbesar di dunia dan pernah masuk dalam daftar keajaiban dunia, maka wajib hukumnya anda untuk berkunjung ke sini. Sebagai objek wisata, Candi Borobudur tidak pernah kehilangan pamornya, lokasinya selalu saja penuh oleh wisatawan yang hadir dari berbagai penjuru dunia.

Di kawasan Candi Borobudur anda bisa melihat bagaimana agungnya peradaban manusia di era lampau. Bagaimana bisa peradaban di masa lalu bisa menghasilkan mahakarya sekelas Candi Borobudur yang mengagumkan. Anda juga bisa melihat rentetan cerita melalui relief cerita yang terdapat di dinding candi. Silahkan datang sedini mungkin ke Candi Borobudur untuk bisa mendapatkan pengalaman mengagumkan melihat matahari terbit dari lokasi tersebut.

Wisata Jogja Candi Borobudur
Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553
Jam Operasional: 06.00 – 17.00
Harga Tiket Masuk
Rp30.000,- /orang (wisatawan dalam negeri)
USD 20 /orang (wisman)
Rp250.000,- /orang (paket sunrise wisatawan dalam negeri)
Rp380.000,- /orang (paket sunrise wisman)
Kontak
Telepon: (0293) 788 266 dan (0293) 788 267

7. Wisata di Jogja Taman Sari

Taman Sari Tempat Wisata Yogyakarta tempat wisata yogyakarta 8 Tempat Wisata Yogyakarta yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi Kala Menyambangi Kota Jogja Taman Sari Tempat Wisata Yogyakarta 1024x681

Taman Sari Tempat Wisata Yogyakarta

Terletak di pusat kota, Taman Air Taman Sari menjadi salahsatu lokasi wisata di Jogja yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke Jogja. Hanya berjarak 15 menit dari Alun-alun utara Keraton anda sudah bisa mengunjungi tempat yang penuh dengan sejarah ini. Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I ini kini menjadi objek wisata yang banyak menyedot perhatian wisatawan.

Bagi anda yang sengaja datang ke lokasi wisata tersebut anda akan disuguhkan arsitektur yang mengagumkan. Terdapat sekitar 57 banguan yang tersebuar di areal Taman Sari tersebut. Anda bisa menyimak keindahan tempat pemandian, kolam buatan, kanal air, lorong-lorong bawah tanah dan banyak lainnya. Arsitektur yagng digunakanpun merupakan gabungan dari berbagai budaya dan juga agama. Anda bisa melihat gaya arsitektur Eropa, China, Jawa, Hindu, Buddha hingga Islam berpadu di dalamnya.

Keindahan gaya arsitektur dalam komplek Taman Sari ini menjadi penanda betapa luhurnya kebudayaan Indonesia di masa tersebut. Anda bisa merasakan nuansa berbeda yang menarik untuk terus diselami dan digali lagi. Sayangnya luasnya sudah berkurang sejak masa awal dibangun. Kini banyak yang sudah beralih fungsi menjadi rumah penduduk. Oleh karena itu marilah lekas kunjungi dan lestarikan peninggalan leluhur kita yang indah satu ini.

Taman Sari
Jl. Komp. Taman Sari, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Jam Operasional
Setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 14.00
Harga Tiket Masuk
Rp3.000,- /orang (wisatawan lokal)
Rp7.000,- /orang (Wisman)

8. Wisata Jogja Kaliadem

Berbicara Jogja pstilah tidak lepas dari adanya Gunung Merapi. Jogja memang dikenal sebagai daerah yang memiliki sejarah panjang dengan Gunung Berapi tersebut. Di tahun 2007 dan 2010 sendiri beberapa daerah di kawasan Jogja menjadi korban dari ganasnya semburan lahar gunung purba tersebut. Hingga kini kawasan –kawasan tersebut mengalami perubahan yang sangat drastis dari sebelumnya.

Salahsatu kawasan yang terkena dampak letusan Gunung Merapi adalah Kaliadem. Kawasan Kaliadem sendiri dahulu merupakan sebuah pedesaan dan juga kawasan hutan pinus. Kini setelah letusan, kawasan tersebut menjadi tandus dan juga kering. Meskipun demikian, kini kawasan tersebut justru menjadi tujuan wisata Jogja yang cukup unik. Kini kawasan Kaliadem merupakan tujuan terakhir dari Lava Tour (tur untuk napak tilas jalur letusan merapi). Sebagai desa terakhir, Kaliadem memiliki titik view terbaik.

Selain alamnya, di lokasi wisata satu ini anda juga bisa berkunjung ke musium sisa hartaku yang menampilkan berbagai benda yang terkena letusan merapi kala itu. Anda bisa melihat bangkai motor, kerangka hewan ternak hingga berbagai furniture yang terkena lahar panas. Bahkan ada juga jam dinding bekas terkena lahar yang tepat berhenti pada jam di mana lahar datang dan menghancurkan pedesaan.

Di sana anda bisa melihat sisa keganasan lahar merapi melalui saksi bisu. Mari berkunjung dan rasakan pengalamannya.

Wisata Jogja Kaliadem
Ds. Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta.
Harga Tiket Masuk:
Paket tur mulai dari Rp250.000,-/perjalanan
Kontak
Telepon: 0815 6868 141 dan 0818 466 933

Demikianlah daftar wisata Jogja yang bisa anda kunjungi kala bertandang ke kota tersebut. Tempat wisata di Jogja memiliki keunikan dan juga daya tarik yang sangat luar biasa sehingga membuat banyak orang tertarik untuk kembali mengunjunginya. Tidak hanya wisatawan dalam negeri, para turis asing juga selalu tertarik dengan tempat wisata di kota yang berjuluk kota pelajar tersebut.

Bagi anda yang sedang berencana berlibur, mungkin anda bisa mengajak teman anda untuk pergi ke sana dan menikmati keindahan yang ditawarkan oleh wisata Jogja. Silahkan bagikan terlebih dahulu informasi tempat wisata di Jogja ini dengan menekan tombol share atau berbagi yang telah disediakan pada halaman ini. Selain itu anda juga bisa mengisi kolom komentar dan berinteraksi dengan pembaca lainnya melalui kolom komentar di bawah ini. Selamat berwisata dan jangan lupa bahagia!

Incoming search terms:

  • daerah wisata yogyakarta di ponggok
  • wisata yogyakarta

Leave a Reply