KULINER SURABI BANDUNG SETIABUDI LEZAT

5

KULINER SURABI BANDUNG SETIABUDI LEZAT – Kembali kita akan bahas kuliner tradisional yang masih cukup banyak penikmatnya hingga saat ini yaitu surabi Bandung, sebabnya makanan berjenis kue ini salah satu kuliner asli yang berasal dari sunda, dan di Bandung ini di hadirkan dengan lebih menarik sehingga bisa di kenal dan banyak peminatnya.

Sebetulnya surabi Bandung ini adalah salah satu makanan khas perkampungan, dahulu sebelum di kenal di perkotaan surabi ini menjadi makanan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat pedesaan. Makanan sederhana yang bisa di buat dengan biaya yang murah karena hanya berbahankan tepung beras dan juga santan kelapa, untuk memberikan sedikit rasa biasanya mereka menambahkan oncom saat surabi ini setengah matang, paling mewahnya terkadang mereka juga menambahkan telur pada adonannya.

Selain surabi yang bercitarasakan asin seperti itu, ada juga yang menghidangkannya dengan di laburi kinca atau kuah dari gula merah bagi mereka yang menginginkan cita rasa manis pada surabinya. Di buat dengan menggunakan cetakan khusus yang terbuat dari tanah liat serta di masak dengan menggunakan kayu bakar, meski sederhana kuliner ini cukup bisa mengugah selera, di pedesaan jenis surabi sederhana ini paling di jual dengan harga yang tidak lebih dari 1000 rupiah saja.

SURABI BANDUNG SETIABUDI surabi bandung setiabudi KULINER SURABI BANDUNG SETIABUDI LEZAT SURABI BANDUNG SETIABUDI

SURABI BANDUNG SETIABUDI

SURABI BANDUNG JAMAN SEKARANG

Bagaimana dengan sekarang…, Surabi Bandung pun berevolusi menjadi kuliner “urang kota” yang di hidangkan di cafe-cafe modern khas perkotaan. Meski secara sekilas bentuknya tidak banyak berubah, namun saat di santap akan sangat jauh berbeda rasanya, kini terasa lebih nikmat karena ragam aneka topping yang di tambahkan. Sehingga rasanya menjadi lebih bisa di terima oleh banyak golongan dari anak-anak hingga dewasa.

Tidak tangung-tangung, topping yang di gunakan cukup banyak jenisnya. Dari mulai keju, sosis, coklat, pisang, blueberry, strawberry dan masih terus bertambah seiring dengan terus berkreatifitasnya para pengusaha-pengusaha kuliner ini. Tidak sampai di situ, surabi yang sudah bertoppingkan aneka macam tadi, di siram dengan kuah yang beragam pula, dari yang bercitarasakan pedas, gurih hingga vla yang manis.

Dengan adanya upgrade rasa dari kuliner surabi ini, maka harga jualnya pun ikut terkerek naik hingga berlipat-lipat dari sediakala, bervariasi dari mulai 5000 an hingga 15 ribu rupiahan tergantung dari topping yang di pesan.

SURABI BANDUNG SETIABUDI

Lalu mengapa surabi Bandung ini kini yang paling di kenal adalah dari jalan setiabudi, tentu saja karena awal penggagas modifikasi surabi menjadi modern seperti sekarang ini datangnya dari daerah sana. Adalah warung surabi imut yang pertama kali menjajakan surabi yang di padukan dengan aneka tambahan makanan lain seperti sekarang ini. Disana tercipta hingga puluhan varian aneka rasa surabi yang di sukai hingga kini, bahkan tidak hanya populer di tengah masyarakat bandung saja, wisatawan luar kota pun banyak yang datang mencicipi, bahkan kabarnya wisatawan mancanegara juga pernah datang ke tempat ini.

Kreasi dari Warung surabi imut ini benar-benar sungguh kreatif karena mampu mengangkat nama kuliner tradisional menjadi di kenal kemana-mana, dan tentunya meski di balut dengan aneka makanan modern lain, unsur tradisional dari surabi bandung ini tetap tidak di hilangkan. Misalnya seperti cara pembuatan yang masih menggunakan kayu bakar hingga kini, juga bahan adonan yang tetap menggunakan racikan seperti asalnya.

Selain warung surabi imut, yang menjadikan daerah setiabudi menjadi di kenal dengan surabinya ini karena berdiri juga cafe yang menjajakan kuliner serupa yaitu surabi enhaii. Tidak kalah dengan warung sebelumnya, surabi bandung racikan enhaii ini juga menyuguhkan rasa yang cukup di minati masyarakat. Dengan di dukung suasana tempat makan yang sejuk karena berdekatan dengan daerah wisata lembang yang di kenal memiliki udara yang dingin, tidak heran kedua warung penjaja surabi di setiabudi bandung ini selalu di serbu pembeli.

Leave a Reply