Wisata Pura Uluwatu di Atas Tebing

Wisata Pura Uluwatu di Atas Tebing – Dari sekian banyak pura Hindu yang dapat dikunjungi di Bali, Pura Luhur Uluwatu salah satu tempat wisata di Bali berupa pura yang memiliki tempat paling indah dan menarik untuk dikunjungi ketika berada di Bali. Pura ini berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta. Uluwatu Temple berdiri tegak di ketinggian 97 meter di atas permukaan laut yang berpijak pada anjungan batu karang yang cukup terjal dan tinggi serta posisinya yang menjorok ke laut di ujung barat daya kepulauan Bali.

Pura Uluwatu pura uluwatu Wisata Pura Uluwatu di Atas Tebing Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Lokasi Pura Uluwatu memang sangat menakjubkan dan memanjakan mata pengunjung, bukan hanya nuansa religius yang ditawarkan namun juga menyajikan goresan keajaiban sang Maha Kuasa dengan panorama alam semesta. Ketika berada di Pura Uluwatu, anda akan melihat hantaman ombak yang memukul karang tepat di bawah Pura yang menghasilkan buih-buih putih yang cantik terlihat dari atas tebing.

Pura ini awalnya digunakan sebagai tempat untuk memuja pendeta suci pada abad ke 11 yaitu Empu Kuturan yang menurunkan beberapa ajaran dengan segala aturannya. Pura Uluwatu juga digunakan untuk memuja beberapa pendeta suci lainnya. Pura ini dianggap oleh orang Hindu asli penduduk Bali sebagai penyanggah 9 mata angin. Pura Uluwatu berhadapan dengan Pura Andakasa, Pura Besaki dan Pura Batur sehingga banyak dari umat Hindu meyakini Pura Luhur Uluwatu sebagai media untuk memohon berkah atau karunia untuk menata kehidupan di Bumi.

Pura Uluwatu2 pura uluwatu Wisata Pura Uluwatu di Atas Tebing Pura Uluwatu2

Pura Uluwatu2

Daya tarik lain dari Pura Uluwatu adalah adanya sekumpulan kera atau monyet yang hilir mudik di dalam kawasan Pura sehingga menarik perhatian pengunjung untuk sekedar berfoto atau memberikan makanan. Konon katanya monyet-monyet ini diyakini sebagai penjaga dari Pura Uluwatu. Tepat di bawah Pura Uluwatu terdapat Pantai Pecatu yang memiliki ombak cukup menantang dan memikat para peselancar dari seluruh dunia karena pantai ini sangat cocok untuk surfing, bahkan Pantai Pecatu sering dijadikan tempat untuk event Internasional surfing.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pura Uluwatu sebaiknya datang pada sore hari, selain menikmati wisata sejarah anda juga dapat menyaksikan keindahan alam melalui tenggelamnya matahari dengan siluete Pura Uluwatu yang menambah keindahannya. Yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi lokasi Pura adalah mengamankan barang bawaan seperti kamera kecil, kacamata, serta tas kecil karena monyet yang tinggal di Pura ini memiliki kebiasaan mengambil barang bawaan wisatawan. Untuk dapat masuk ke dalam Pura ini anda diwajibkan mengenakan sarung serta selempang yang bisa disewa di area tersebut.

Pura Uluwatu1 pura uluwatu Wisata Pura Uluwatu di Atas Tebing Pura Uluwatu1

Pura Uluwatu1

Puas menikmati panorama keindahan alam serta matahari tenggelam dari atas tebing sebaiknya anda tidak melewatkan pergelaran tari kecak yang dimainkan oleh seniman Bali. Pagelaran ini diselenggarakan di Pura Uluwatu setiap hari berkisar pada pukul 18.00 sampai dengan 19.00 WIT. Tari kecak adalah tarian yang mengisahkan penggalan cerita Ramayana yaitu kisah ketika Dewi Shinta di culik oleh Rahwana.

Untuk mencapai lokasi wisata budaya Pura Uluwatu dari Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali, anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti taksi, motor atau mobil sewaan dan anda juga dapat menggunakan agen perjalanan yang dikhususkan menuju Uluwatu Temple.

Leave a Reply