Mie Belitung Atep, Kedai Favorit Para Artis!

Mie Belitung Atep, Kedai Favorit Para Artis! – Terdapat berbagai jenis hidangan mie di Indonesia. Mie yang paling dikenal adalah mie instan atau mie ayam yang sering dijual di gerobak pinggir jalan. Hanya sedikit yang mengetahui kuliner berbahan dasar mie khas daerah-daerah di Indonesia. Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki kuliner mie dengan ciri khasnya masing-masing. Rasanya tidak kalah lezat dari mie instan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kuliner mie adalah Pulau Belitung. Melancong ke Negeri Laskar Pelangi tidak akan lengkap rasanya apabila kalian tidak berkunjung ke Mie Belitung Atep. Kedai Mie Belitung Atep ini berada di pusat Kota Tanjungpandan, tepatnya di Jalan Sriwijaya. Sudah lebih dari 40 tahun, kedai ini menjual Mie Belitung.

Pulau Belitung adalah pulau yang terkenal kaya hasil lautnya, sehingga Mie Belitung identik dengan olahan laut. Mie Belitung adalah mie kuning yang dalam penyajiannya disiram kuah udang dan ditaburi bakwan udang, potongan kentang rebus, irisan timun, udang rebus, emping melinjo dan taoge. Umumnya, mie ini didampingi dengan kerupuk yang juga berbahan dasar hasil laut seperti kerupuk udang dan kerupuk ikan.

Rasa Mie Belitung yang unik berasal dari kuahnya yang terbuat dari kaldu udang asli ditambah dengan bumbu-bumbu. Mie ini cocok disantap di siang hari dengan kuahnya yang segar dan kental, seperti halnya dengan mie sedap cup yang menyajikan berbagai varian rasa.

Menurut Nyonya Atep, pendiri kedai, sampai saat ini beliau masih meracik sendiri bumbunya untuk melayani permintaan pembelinya. Ibu berusia 67 tahun tersebut mengaku bahwa pada awal didirikan, kedai mie Belitungnya tidak sering dikunjungi orang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kedainya menjadi ramai dan digemari oleh orang-orang, dari masyarakat Belitung sendiri sampai wisatawan luar pulau. Bahkan, tidak sedikit artis Indonesia yang telah menjadi pelanggan tetap. Mulai dari Rano Karno, Tukul, Bondan Winarno sampai Mantan Presiden Megawati sudah berkunjung serta menikmati mie Belitung racikan Nyonya Atep.

Nyonya Atep bercerita bahwa beliau merupakan asli kelahiran Belitung dan telah diajari resep mie Belitung oleh para leluhurnya. Namun, karena anak-anaknya telah bekerja di tempat lain, maka tidak ada cabang lain di luar Pulau Belitung. Meskipun sederhana, namun ruko tempat Nyonya Atep berjualan mampu menampung 50 pembeli pada saat yang bersamaan.

Leave a Reply