7 Hal Gratis Yang Bisa Anda Lakukan Jika Liburan Di Jakarta

7 Hal Gratis Yang Bisa Anda Lakukan Jika Liburan Di Jakarta – Tidak ada satu pun di dunia ini yang bebas, kata mereka. Meski begitu, masih ada kegiatan bebas di Jakarta yang bisa Anda jelajahi di waktu luang Anda, terutama di akhir pekan. Apakah Anda memiliki ini di daftar Anda?

Kunjungi taman

Untuk perubahan kecepatan, Anda mungkin tertarik untuk pergi ke kawasan hijau langka dan agak mistis di Jakarta. Salah satunya adalah Taman Suropati, sebuah taman yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Selain bersantai di bawah pepohonan, Anda juga bisa menikmati atau bergabung dengan komunitas musik lokal yang memainkan instrumen mereka pada akhir pekan. Ada juga literatur dan kelompok seni yang melakukan kegiatan di sana, sehingga penonton bisa mengharapkan untuk melihat sisi yang lebih artistik dari Jakarta disini, meski dalam skala kecil.

Kunjungi Pasar Baru

Dibangun pada tahun 1820 dengan nama Passer Baroe, tempat ini merupakan pasar tertua di Jakarta. Terletak di daerah Sawah Besar, Jakarta Pusat. Bila pengunjung tidak merasa ingin membeli pakaian, kain atau barang murah lainnya dari berbagai jenis toko di daerah itu, mereka dapat menikmati wisata dan berfoto di jalanan, saat tidak hujan.

Naik Bus Wisata Kota

Sejak 2014, Pemerintah Jakarta menyediakan bus tingkat terbuka bagi wisatawan. Sementara di dalam bus, penumpang bisa melihat dan mendapat informasi tentang sejarah Jl. Medan Merdeka Barat, Balai Kota, Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, Teater Seni Jakarta, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan Jl. Medan Merdeka Utara. Turnya adalah untuk wisatawan lokal maupun internasional, jadi biasanya, ada perkenalan bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Untuk naik bus, orang bisa pergi ke halte bus berlabel tanda “city tour” di rute. Biasanya, antrian akan sangat panjang di akhir pekan. Orang juga bisa memesan bus untuk tur kelompok dengan reservasi sebelumnya.

Tour “Kota Tua”

Kota Tua atau Kompleks Batavia Lama terletak di Jakarta Utara. Sebagai daerah yang terdaftar sebagai warisan, pengunjung bisa melihat arsitektur kolonial Belanda di sekitar kawasan tersebut. Beberapa orang suka jalan kaki saja menuju Lapangan Fatahillah atau mengambil foto bangunan. Ada juga museum yang bisa dikunjungi, seperti Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Fatahillah, atau Museum Seni Rupa dan Keramik, yang beberapa diantaranya tidak dipungut biaya. Di daerahnya, ada juga Stasiun Kereta Kota, yang merupakan situs warisan lainnya dan masih digunakan oleh penumpang kereta api hingga saat ini.

Nikmati Hari Bebas Mobil

Setiap hari Minggu, jalan-jalan khas Jakarta bebas dari kendaraan. Misalnya di sepanjang Jl. Sudirman di Jakarta Selatan menuju jalan-jalan yang mengelilingi Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat. Pada hari-hari ini, orang biasanya akan mengambil kesempatan jalan bebas kendaraan untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga, seperti berlari dan bersepeda atau berkumpul dengan komunitas mereka, misalnya pecinta hewan peliharaan.

Kunjungi Galeri Indonesia Kaya

Berlokasi di lantai 8 Grand Indonesia Shopping Town di Jakarta Pusat. Menggabungkan pendidikan dengan teknologi multimedia, pengunjung dapat menikmati berbagai pengalaman virtual di sini, seperti memotret dengan pakaian tradisional Indonesia, memainkan alat musik tradisional Indonesia dan menjelajahi Indonesia melalui peta virtual. Ada juga berbagai lokakarya dan kegiatan lainnya yang dijadwalkan, jadi orang mungkin tertarik untuk memeriksa situs mereka untuk melihat acara apa yang akan datang.

Bentara Budaya Jakarta

Bentara Budaya adalah lembaga budaya yang didirikan oleh Kompas Gramedia di South Palmerah, Jakarta Barat. Ini memiliki berbagai koleksi warisan budaya Indonesia, mulai dari lukisan hingga keramik, serta wayang wayang dari master wayang terkenal, Asep Sunarya. Salah satu koleksinya yang paling unik adalah rumah tradisional Jawa yang dibawa langsung dari Kudus, Jawa Tengah. Selain koleksinya, Bentara Budaya sering mengadakan berbagai kegiatan seni dan budaya, seperti pameran, pemutaran film, dan diskusi bulanan. (Liburan Di Jakarta)

Leave a Reply