KULINER KUE BALOK TRADISIONAL YANG KEMBALI DISUKAI

5

KULINER KUE BALOK TRADISIONAL YANG KEMBALI DISUKAI – Salah satu kuliner tradisional jaman dulu yang berhasil menarik kembali untuk dinikmati salah satunya adalah kue balok ini. Entah di ciptakan dari kapan, yang pasti saat kebanyakan dari kita masih anak-anak pun kue ini sudah tersedia. Biasanya pedagang-pedagang menjajakan kue ini di pasar, sebagian diantaranya lagi di pikul mengelilingi perumahan, dan tidak jarang juga mereka mangkal di depan sekolahan. Paling pas di santap selagi hangat karena tekstur kuenya masih akan terasa lembut, atau bisa juga request ke penjualnya untuk di buatkan setengah matang, adonan kue yang manis akan segera lumer dimulut membuat rasanya berkali-kali lipat lebih nikmat dari biasanya.

Dinamakan kue balok memang karena bentuknya yang kotak menyerupai sebuah balok, di buat dengan menggunakan cetakan khusus hingga bisa berbentuk seperti itu. Dan tidak sembarangan, untuk bisa membuat kue ini dengan rasa yang enak dan tekstur yang lembut, di perlukan pengalaman dari pembuatnya. Dahulu keberadaan kue ini hanya tersedia biasa saja terbatas hanya di tawarkan di daerah-daerah. Berbeda dengan saat ini, kue balok hadir lebih modern dan di sukai oleh berbagai lapisan masyarakat, bahkan di perkotaan para penjualnya sukses di serbu pembeli.

KUE BALOK TRADISIONAL kue balok tradisional KULINER KUE BALOK TRADISIONAL YANG KEMBALI DISUKAI KUE BALOK TRADISIONAL

KUE BALOK TRADISIONAL

KUE BALOK BANDUNG

Seperti di kota ini, kue balok bandung namanya menjadi terkenal di mana-mana. Kuliner ini identik dengan jajanan orang sunda, sehingga di kota ini banyak yang mahir dan memiliki pengalaman membuatnya, bahkan di antaranya ada yang sudah memiliki pengalaman tersebut secara turun temurun dari puluhan tahun yang lalu, maka tidak heran banyak bermunculan kedai-kedai kue balok bandung yang di sukai.

Yang paling di kenal bahkan tidak hanya oleh masyarakat lokal dan kota sekitar, ada juga pengunjung mancanegara yang ikut penasaran ingin mencicipinya, adalah kue balok kang didin yang berada di jalan abdurahman saleh atau pajajaran Bandung. Padahal kedai kue balok di sini termasuk di jajakan dengan sederhana, hanya berupa warung tenda di pinggir jalan, namun jangan tanya peminatnya, setiap malam akan terlihat padatnya pembeli berjejer di trotoar sambil menikmati kue balok dan minuman hangat pendampingnya, tidak jarang mereka berada di sana hingga larut malam sambil berkumpul bersama rekannya, terlarut dengan suasana malam di kota yang sejuk dengan di temani kudapan yang nikmat.

Salah satu yang menjadi lebih di sukai dari kue balok Bandung buatan kang didin ini adalah penambahan aneka topping di atas kuenya, jika dahulu lazimnya hanya penambahan berupa coklat saja di atasnya, kini tersedia lebih beragam seperti keju, strawbery, blueberry, dan lain sebagainya. Selain itu, rahasia kelezatan dari kue balok buatannya adalah cara pemasakannya yang menggunakan bara arang, sehingga dari kuenya akan tercium aroma yang khas sangat berbeda dengan pembuatan yang menggunakan kompor biasa.

Dan ada satu lagi penjaja kue balok Bandung yang juga cukup terkenal di kota ini, dan lokasinya juga cukup berdekatan dengan warung sebelumnya. Adalah kue balok kang ade yang berada di jalan garuda tepatnya berada berdekatan dengan pintu perlintasan kereta api stasiun Andir Bandung. Warung kue balok di tempat ini bahkan terlihat lebih sederhana lagi dari tempat yang lain, pemiliknya sengaja tetap mempertahankan citra tradisional dari kuliner ini. Namun serupa dengan kedai kang didin, warung kue balok kang ade ini selalu di kerumuni pembeli setiap malamnya, hingga untuk bisa menikmatinya kita diharuskan sabar mengantri.

Dari kedua penjaja kue balok yang cukup terkenal di kota Bandung ini sama-sama memiliki pelangganya masing-masing, dan kelezatan diantara keduanya bisa di katakan sebanding, dan untuk harga juga hampir serupa, setiap kue balok di tawarkan mulai 1500 hingga 2500 perbijinya.

Leave a Reply