Wisata Istana Tampak Siring Kabupaten Gianyar Bali

Wisata Istana Tampak Siring Kabupaten Gianyar Bali  – Istana Tampak Siring yang berada di Kabupaten Gianyar, Bali adalah satu-satunya istana kepresidenan yang dibangun setelah kemerdekaan Indonesia. Kompleks Istana Tampak Siring dan Pura Tirta Empul kurang lebih berjarak 40 km dari Denpasar bali. Wisatawan yang mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti taksi. Namun jika anda berniat mengunjungi Istana Tampak Siring dan menginginkan perjalanan yang lebih praktis dan hemat anda juga dapat menyewa biro perjalanan bersama wisatawan lainnya untuk menyusuri perjalanan wisata ke Tampak Siring.

Istana Tampak Siring1 istana tampak siring Wisata Istana Tampak Siring Kabupaten Gianyar Bali Istana Tampak Siring1

Istana Tampak Siring1

Nama Tampak Siring berasal dari kata Telapak dan Miring dimana arti kata tersebut berkaitan erat dengan cerita masyarakat yang berkembang tentang Raja Mayadewana. Raja ini dikenal cukup pandai dan memiliki kesaktian mandraguna namun karena dianggap lancang mengangkat dirinya sebagai dewa. Pada saat itu rakyat diharuskan menyembah dirinya sehingga Betara Indra mengutus tentara untuk menyerang sang Raja. Serangan yang datang membuat Mayadenawa memutuskan lari ke hutan dan untuk menyamarkan jejak kakinyanya maka Mayadenawa sengaja berjalan dengan memiringkan telapak kakinya. Namun sayang usahanya untuk dapat mengelabui bala tentara gagal sehingga diketahui keberadaannya. Dengan kesaktiannya Mayadenawa melawan dengan cara mengeluarkan mata air beracun yang bisa mengakibatkan kematian. Dengan adanya mata air tersebut menimbulkan keresahan masyarakat pada masa itu sehingga Betara Indra menciptakan penawarnya yaitu mata air Tirta Empul (air suci). Wilayah dari pelarian Mayadenawa tersebut yang kini dikenal dengan Tampak Siring.

Istana Tampak Siring biasa digunakan oleh presiden untuk beristirahat dari kegiatan, melakukan perundingan luar negeri maupun melakukan rapat kerja. Termasuk perjanjian ekstradisi antara Indonesia dengan Singapura pada tanggal 27 April 2007, Istana Tampak Siring menjadi saksi bisu atas perjanjian tersebut.

Istana Tampak Siring istana tampak siring Wisata Istana Tampak Siring Kabupaten Gianyar Bali Istana Tampak Siring 1024x681

Istana Tampak Siring

Istana Tampak Siring berada di daerah area berbukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut. Pengunjung yang mendatangi tempat ini dapat secara jelas menyaksikan fungsi gedung bersejarah atau riwayat dari gedung tersebut yang pernah digunakan oleh beberapa Presiden Indonesia. Pada wisma merdeka, pengunjung dapat menyaksikan megahnya ruang tidur satu dan ruang tidur 2, ruang tamu serta ruang kerja dengan penataan perabotan yang begitu mewah. Terdapat pula patung dan lukisan yang sangat bernilai seni tinggi.

Sementara terdapat wisma Negara, para turis dapat melihat sebuah bangunan yang juga merupakan bangunan yang dibuat untuk menjamu tamu-tamu Negara. Antara wisma Merdeka dan wisma Negara terdapat celah yang cukup dalam yaitu sekitar 15 meter yang memisahkan keduanya, oleh karena itu dibuatlah sebuah jembatan yang menghubungkan kedua wisma tersebut.

Bagi anda yang hobi berbelanja, anda dapat memuaskan hasrat kuliner anda di kios-kios yang tersedia di kawasan sekitar Istana Tampak Siring ini dengan menu masakan khas pulau Bali.

Leave a Reply